Awas, Jantung Koroner Ancam Kaum Muda

Awas, Jantung Koroner Ancam Kaum Muda
Awas, Jantung Koroner Ancam Kaum Muda
BANJARMASIN – Penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu, tak hanya di Indonesia tapi bahkan di dunia. Di Banjarmasin, kasus penyakit jantung koroner (PJK) mendominasi di antara penyakit serius lainnya.    

Data RSUD Ulin Banjarmasin mencatat ada 520 kasus PJK sepanjang tahun 2010. Sedangkan pada tahun 2011 mencapai 500 kasus. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RSUD Ulin Banjarmasin dr Adi L Saputro SpJP menjelaskan, PJK dipicu oleh penyempitan pembuluh darah jantung.

“Ada banyak faktor risiko yang menjadi penyebab,  tapi yang paling besar pengaruhnya adalah penyakit kencing manis (diabetes mellitus), disusul hipertensi dan kolesterol tinggi,” ujarnya, kemarin.

Di luar dua faktor risiko itu, ada satu hal lagi yang juga berperan penting memupuk bibit PJK, yakni gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurang olahraga, dan mengonsumsi makanan berlemak.

BANJARMASIN – Penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu, tak hanya di Indonesia tapi bahkan di dunia. Di Banjarmasin, kasus penyakit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News