Awas! Pantai Itu Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri Fecal

Awas! Pantai Itu Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri Fecal
Foto:Health.com

jpnn.com - SEBAIKNYA Anda harus berhati-hati jika ingin main ke pantai, karena sebenarnya pantai itu tidaklah sebersih yang Anda duga karena mengandung banyak sekali bakteri.

Ya, menurut sebuah studi baru yang dilansir jurnal Environmental Science & Technology, ternyata pantai merupakan pelabuhan bakteri fecal (bakteri yang ditemukan dalam tinja).

"Pengunjung pantai harus menyadari implikasi kesehatan jika terkontaminasi pasir pantai dan tidak harus mengasumsikan pasir itu selalu aman," kata pemimpin peneliti, Tao Yan, PhD, seperti dilansir laman Health, Senin (10/8).

Ternyata penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pasir sebenarnya jauh lebih kotor dibandingkan dengan air laut karena sering mengandung 10 sampai 100 kali bakteri fecal.

Di laboratorium, para peneliti menciptakan satu set dari tiga "mikrokosmos" menggunakan sampel dari tiga pantai Hawaii, termasuk pasir dan air laut yang kemudian terkontaminasi dengan bakteri fecal yang biasa ditemukan di pantai. 

Mereka kemudian meneliti sampel untuk melihat bagaimana populasi bakteri fecal berubah dari waktu ke waktu. Akhirnya mereka menemukan bahwa proses pembusukan bakteri berbahaya itu jauh lebih lambat di pasir pantai daripada di air, yang mungkin menjelaskan mengapa pasir merupakan sarang bakteri tersebut.

Tapi apakah bakteri ini benar-benar menyakiti Anda? Sebuah studi 2012 di jurnal Epidemiology menunjukkan bahwa bakteri fecal yang berada di pasir pantai benar-benar bisa membuat Anda sakit. 

Para peneliti menganalisis sampel pasir dari dua pantai (satu di Alaska dan satu di Rhode Island). Kemudian, mereka yang mensurvei hampir 5.000 pengunjung pantai dan menemukan bahwa mereka yang bermain di pasir atau terkubur di pasir lebih mungkin untuk menderita diare, mual dan muntah seminggu setelah mereka mengunjungi pantai.

SEBAIKNYA Anda harus berhati-hati jika ingin main ke pantai, karena sebenarnya pantai itu tidaklah sebersih yang Anda duga karena mengandung banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News