Awas, Stress Picu Warna Rambut Abu-abu

Awas, Stress Picu Warna Rambut Abu-abu
Awas, Stress Picu Warna Rambut Abu-abu
NEWYORK--Ada anekdot yang menyatakan stress bisa memicu rambut seseorang menjadi abu-abu. Benarkah hal itu? Hal ini mungkin bisa jadi benar, pasalnya hasil studi yang dilakukan Dr Mayumo Ito dan rekannya di New York University menemukan munculnya uban setelah periode stres atau kerusakan kulit yang merupakan hasil dari hilangnya sel induk dari dasar folikel rambut.

Menurut laman abc (10/6), hasil penelitian terbaru ini dilaporkan dalam jurnal Nature Medicine, yang juga menunjukkan kemungkinan ditemukannya metode baru pengobatan untuk gangguan pigmentasi kulit seperti vitiligo atau piebaldism.

Dijelaskan, rambut dan kulit memiliki pigmen melanin yang diproduksi oleh sel yang disebut melanosit. Melanosit terletak di suatu daerah di bagian paling dasar folikel rambut yang disebut 'bulge'.

Dr Mayumo Ito dan rekan dari New York University menemukan bahwa ketika kulit rusak atau diradiasi, sel-sel induk melanosit membantu memperbaiki kerusakan kulit dengan meninggalkan folikel rambut dan menuju ke kulit untuk mengisi kekurangan melanosit di lapisan luar kulit.

NEWYORK--Ada anekdot yang menyatakan stress bisa memicu rambut seseorang menjadi abu-abu. Benarkah hal itu? Hal ini mungkin bisa jadi benar, pasalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News