Awas, Tahu dan Kwetiau Berformalin Beredar!

Awas, Tahu dan Kwetiau Berformalin Beredar!
Awas, Tahu dan Kwetiau Berformalin Beredar!
BOGOR – Warga metropolis nampaknya harus lebih hati-hati lagi jika berbelanja makanan di pasar. Pasalnya, saat ini marak beredar makanan mengandung zat berbahaya. Dari hasil razia Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di Pasar Bogor, kemarin, ditemukan beberapa makanan yang dicurigai positif mengandung zat kimia berbahaya seperti formalin, yaitu tahu, kwetiau dan ayam potong.

Petugas kemudian mengambil beberapa sempel makanan untuk dites. Hasilnya, positif mengandung zat kimia formalin dengan kadar 10 ppm terutama pada jenis tahu. “Hasil tes menunjukkan kedua jenis tahu, yakni tahu kuning dan putih positif mengandung formalin,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Mangahid Sinaga, di sela-sela sidak, kemarin.

Sebagai tindak lanjutnya, makanan yang positif mengandung zat berbahaya itu akan segera ditarik dari peredaran. “Kita akan minta ke PD Pasar untuk menarik semua makanan yang berformalin, tidak boleh lagi diperdagangkan,” tegasnya.

Pihaknya kemudian berusaha mencari tahu pemasok tahu berformalin itu ke beberapa pedagang. “Kita mau melacak siapa pembuatan tahu berformalin itu, dan di mana pabrik pembuatannya,” imbuh dia.

BOGOR – Warga metropolis nampaknya harus lebih hati-hati lagi jika berbelanja makanan di pasar. Pasalnya, saat ini marak beredar makanan mengandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News