Awas, Tomcat Bisa Serang Semua Daerah

Olesi Minyak Serai untuk Penanganan Darurat

Awas, Tomcat Bisa Serang Semua Daerah
Arlen Kolinut,Warga Kelurahan Malalayang bersama serangga Tomcat yang ia temukan di peralatan sablon. Foto: Lukman/ Manado Post
JAKARTA -  Serangan sejenis serangga bernama Tomcat sudah mulai menjalar ke sejumlah daerah. Pertama kali kasusnya di temukan di 13 kecamatan di Surabaya, saat ini diberitakan sudah merambah Tuban dan Yogyakarta. Bisa jadi, diam-diam saat ini sudah menyerang warga di sejumlah daerah. Hanya barangkali belum terdeteksi.

Kemungkinan bisa menjalar ke semua daerah, berdasar keterangan Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt, Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami, Departermen Farmasi Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI), kepada JPNN, Rabu (21/3). Menurutnya, pola penyebaran Tomcat ini mirip-mirip dengan serangan ulat bulu yang sempat heboh beberapa waktu lalu.

Menurut Sumali, pola penyebaran bukan berantai berdasarkan kedekatan dengan Surabaya. Melainkan, bisa terjadi di mana pun yang terdapat tanaman yang menjadi makanan idola serangga Tomcat itu.

"Seperti serangan ulat bulu dulu itu, di daerah mana pun, jenis tanaman yang dihinggapi sama," ujar Sumali. Hanya saja, Sumali mengaku tidak tahu jenis tanaman apa yang menjadi sasaran Tomcat, serangga berwarna hitam orange itu. Yang pasti, lanjutnya, serangga itu habitat awalnya di kawasan-kawasan pertanian, pinggir-pinggir sungai, dan daerah berawa.

JAKARTA -  Serangan sejenis serangga bernama Tomcat sudah mulai menjalar ke sejumlah daerah. Pertama kali kasusnya di temukan di 13 kecamatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News