Awasi Pemilihan Rektor, Kemenristek Dikti Gandeng KPK

Awasi Pemilihan Rektor, Kemenristek Dikti Gandeng KPK
KPK. Foto: JPNN

jpnn.com - JPNN.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) mulai tahun depan mengubah mekanisme pemilihan rektor. Pasalnya, selama ini dalam setiap pemilihan rektor, isu suap selalu merebak.

"Kami ingin pemilihan rektor lebih transparan makanya kami menggandeng KPK, KASN, dan Ombudsman RI," kata Menristek Dikti Mohamad Nasir dalam refleksi akhir tahun, Rabu (28/12).

Keterlibatan tiga lembaga tersebut, menurut Nasir, untuk menjaga proses pemilihan dari KKN. Jangan ada lagi anggapan, yang modalnya besar pasti terpilih.

"Pemilihan rektor harus bebas KKN, tidak boleh ada suap menyuap," tegas Nasir.

Sekjen Kemristek Dikti Ainun Na'im, menambahka selama ini posisi Kemristek Dikti hanya sebatas memantau, kini tidak perannya diperluas lagi. Kementerian akan mengikuti proses pemilihan sejak awal dan menelusuri rekam jejak calon rektor.

"Meski begitu, pemerintah tetap memberikan porsi lebih besar kepada perguruan tinggi. Selain itu harus ada assessment kepada para calon rektor," tandasnya.


JPNN.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) mulai tahun depan mengubah mekanisme pemilihan rektor. Pasalnya, selama


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News