Awasi Proyek SPAM, PAM Jaya Gandeng Fakultas Teknik Mesin ITB

Awasi Proyek SPAM, PAM Jaya Gandeng Fakultas Teknik Mesin ITB
Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin. Foto: dokumentasi Perumda PAM Jaya

jpnn.com, JAKARTA - PAM JAYA bekerja sama dengan Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan air bersih untuk warga Jakarta di 2030.

Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin mengatakan bahwa kerja sama itu penting karena dari segi quality control, pihak ITB dapat menganalisis kegagalan struktur untuk mengetahui material yang digunakan pada masa lalu, serta dapat mencegah resiko kegagalan.

PAM JAYA merasa perlu untuk melibatkan pihak-pihak yang memang memiliki kompetensi untuk melakukan pengawasan tersebut lantaran hingga 2030 akan dipasang pipa sepanjang 7.000 kilometer.

"PAM JAYA perlu melibatkan akademisi untuk dapat membantu dalam percepatan perluasan dalam jumlah yang banyak dengan kurun waktu yang relatif singkat," ungkap Arief dalam keterangan resmi, Minggu (4/2).

Dalam kerja sama dengan ITB, PAM JAYA dapat memanfaatkan keahlian dan pengetahuan dari salah satu universitas terbaik di Indonesia itu.

Salah satunya adalah melakukan quality control terhadap infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dibangun.

“ITB dapat melibatkan peneliti, akademisi, dan mahasiswa dalam pengembangan teknik dan metodologi untuk memastikan bahwa infrastruktur SPAM memenuhi standar yang telah ditetapkan,” jelas Arief.

Quality control merupakan suatu metode yang digunakan untuk memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun sesuai dengan standar yang ditentukan dan memenuhi kebutuhan pengguna.

PAM JAYA bekerja sama dengan Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan air bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News