Ayam Indonesia Bakal Ke Timor Leste

Ayam Indonesia Bakal Ke Timor Leste
Dirjen PKH I Ketut Diarmita bertemu Direktur Jenderal Peternakan Republic Demokrate of Timor Leste (RDTL), Joanita Dakosta Jong di Jakarta. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) I Ketut Diarmita bertemu Direktur Jenderal Peternakan Republic Demokrate of Timor Leste (RDTL), Joanita Dakosta Jong 18 Desember lalu di Jakarta.

Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Timor Leste Estanislau A da Silva yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Pertanian.

Pertemuan itu dimanfaatkan untuk membahas peluang ekspor unggas dan produknya dari Indonesia ke negara Timor Leste.

Diarmita menyampaikan, Indonesia saat ini sudah swasembada daging ayam, telur dan DOC, bahkan surplus produksinya, sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan pasar di negara tetangga, seperti Timor Leste.

"Dalam memenuhi kebutuhan Timor Leste, Indonesia mampu bersaing dengan negara lainnya," papar Diarmita.

Dia juga meyakinkan, ayam hidup yang akan di ekspor dari Indonesia adalah berasal dari peternakan (unit usaha) yang telah menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare).

Termasuk telah mendapatkan sertifikat kompartemen bebas penyakit AI (Avian Influenza) dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Demikian pula Untuk produk unggas yang akan diekspor juga telah mendapatkan dukungan jaminan kemanan pangan berupa Sertifikat Veteriner yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan," imbuh Diarmita.

Pertemuan itu dimanfaatkan untuk membahas peluang ekspor unggas dan produknya dari Indonesia ke negara Timor Leste.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News