Ayatollah Khamenei Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat

Ayatollah Khamenei Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat
Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Foto: AP

jpnn.com, WASHINGTON - Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Iran semakin tegang. Senin (24/6) Washington menjatuhkan sanksi kepada Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran, dan beberapa petinggi pemerintah serta militer.

Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton menegaskan bahwa AS masih membuka pintu negosiasi dengan Iran.

Kebijakan kontradiktif AS itu membuat Presiden Iran Hassan Rouhani berang. "Ini jelas-jelas sebuah kebohongan," katanya sebagaimana dikutip Agence France-Presse kemarin, Selasa (25/6).

Menurut dia, tidak mungkin sanksi dan ajakan berunding datang dari pemerintahan yang sama. Jika bukan rentetan sanksi itu yang pura-pura, ajakan berundinglah yang berupa kepalsuan. Atau, bisa jadi duanya adalah kebohongan.

BACA JUGA: Militer Amerika Jauh Lebih Kuat, Tetapi Iran Punya Teknologi Mematikan

Rouhani juga tidak terima dengan masuknya nama Khamenei ke daftar hitam AS. Menjatuhkan sanksi kepada tokoh 80 tahun itu malah menggarisbawahi kebodohan Gedung Putih.

"Menjatuhkan sanksi kepada beliau supaya apa? Supaya tidak bepergian ke AS? Wow," ujarnya dalam pertemuan dengan para menteri yang disiarkan stasiun televisi nasional.

Rouhani mengatakan bahwa AS salah sasaran jika menjatuhkan sanksi kepada Khamenei. Tidak seperti pemimpin dunia yang lain, Khamenei bukanlah tokoh yang gemar menimbun harta. Dia hanya memiliki sebuah rumah sederhana dan hosseiniyeh atau tempat ibadah Syiah. Aset itu tentu saja tidak bisa disita atupun dibekukan.

Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Iran semakin tegang. Senin (24/6) Washington menjatuhkan sanksi kepada Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran,

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News