Ayo Datang, Pemprov Siapkan 1.000 Durian Gratis

Ayo Datang, Pemprov Siapkan 1.000 Durian Gratis
Gubernur Banten menunjukkan salah satu komoditas hasil pertanian Provinsi Banten yakni buah durian saat berkunjung ke salah satu kebun durian di Pabuaran Kabupaten Serang. Foto: Mulyana/Antara

jpnn.com, SERANG - Pemprov Banten kembali menggelar festival durian di Go Food Festival The Flavor Bliss Alam Sutera, Ring O, Kota Tangerang pada 1 dan 2 Februari 2020.

Kegiatan ini dalam upaya penyelamatan sumber daya genetika durian Banten serta menjaring durian-durian Banten terbaik.

Selain akan menampilkan durian-durian terbaik dari Banten yang akan dilombakan dan dijual, dalam festival durian kali ini juga akan disiapkan sebanyak 1.000 durian yang bisa disantap atau dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, Festival Durian Banten telah terselenggara sejak 2015, serta telah menghasilkan beberapa durian yang layak diunggulkan dalam ajang nasional.

Tujuan festival durian Banten ini salah satunya ingin mendapatkan durian terbaik Banten yang akan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas dan selanjutnya diupayakan menjadikan varietas unggul nasional.

“Adapun untuk hari pertama itu diisi dengan lomba, kontes durian dan olahan yang juga tentunya disiapkan durian gratis sebanyak 1.000 butir. Untuk yang masih ingin tambah, panitia juga menyiapkan konter penjualan buah durian. Sebagai teman makan durian, panitia juga menyiapkan stand kopi WH. Sementara hari kedua lebih diisi dengan jualan,” kata Agus di Serang.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan, durian-durian dari Banten secara kualitas mampu bersaing dengan durian lokal dari daerah lain, bahkan luar negeri. Selain memiliki kekhasan dalam setiap jenisnya, jenis-jenisnya pun beragam dengan bentuk, tekstur hingga rasa yang juga beragam.

“Kita patut berbangga Banten memiliki kontur tanah yang subur dan potensial untuk ditanami apapun, termasuk durian dengan kualitas yang sangat baik. Dan kita ingin lebih banyak orang bisa merasakan dan tahu akan potensi yang kita miliki," kata Wahidin Halim.

Pemprov Banten kembali menggelar festival durian pada 1 dan 2 Februari 2020, sekaligus disiapkan 1.000 durian gratis untuk pengunjung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News