Gubernur Banten Menjamin Proyek Strategis Nasional Rampung 2022

Gubernur Banten Menjamin Proyek Strategis Nasional Rampung 2022
Gubernur Banten Wahidin Halim saat meninjau lokasi Waduk Karian, Kamis (3/8/2017). Foto: Radar Banten

jpnn.com, SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan, 12 proyek strategis nasional (PSN) di Banten harus selesai sesuai target pada tahun 2022. Namun hingga tahun ini, pembebasan lahan masih menjadi kendala utama.

“Pemprov terus melakukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan setiap pengerjaan PSN. Evaluasi bersama dilakukan dengan bupati atau wali kota yang berwenang pada jalur-jalur lokasi tempat PSN dilakukan, serta membahas solusinya bagaimana agar progresnya semakin baik,” kata Wahidin saat rapat koordinasi PSN seperti dilansir Radar Banten.

Ia menambahkan, perkembangan pembangunan Tol Serang-Panimbang, Serpong-Balaraja, Cengkareng-Batuceper-Kunciran, pembangunan Waduk Karian, serta perkembangan Waduk Sindangheula harus didukung semua pihak.

“Saya tidak dalam posisi mengambil alih persoalan. Tapi sebagaimana amanat Undang-Undang, saya hanya memberikan rekomendasi. Harus ada kewajiban, dari pemerintah daerah mendorong program pemerintah pusat untuk kepentingan masyarakat. Sebab PSN ini untuk rakyat juga,” tegasnya.

Progres PSN, lanjut Wahidin, akan terus didorong agar realisasinya semakin meningkat dan dapat segera dirasakan oleh masyarakat. “Dengan sesama pemerintahan, ini cuma soal administratif. Semua bakal mendukung program pusat. Ini program NKRI, menjadi tanggung jawab bersama,” jelasnya.

Sebagai salah satu bentuk dukungan, Wahidin menjanjikan SK Penetapan Lokasi (Penlok) Waduk Karian yang habis pada 3 Februari 2020 bakal segera diperpanjang.

Terkait kendala pembebasan lahan yang dihadapi satker, Wahidin memberikan rekomendasi kepada tim pembebasan lahan terkait administrasi dan pendekatan kepada masyarakat. Termasuk koordinasi dengan kementerian dan lembaga vertikal terkait.

“Harus koordinasi, semua masalah ada solusinya,” katanya.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan salah satu kendala menyelesaikan proyek strategis nasional adalah pembebasan lahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News