Proyek Strategis Nasional di Banten jadi Sorotan

Proyek Strategis Nasional di Banten jadi Sorotan
Area konstruksi Bendungan Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, bertujuan memasok kebutuhan air. Foto: Radar Banten

jpnn.com - Sejumlah proyek strategis nasional (PSN) di Provinsi Banten mendapat sorotan dari pemerintah pusat. Dari 12 PSN yang ada di Banten, hanya satu proyek yang molor penyelesaian konstruksinya.

Proyek yang molor itu adalah pembangunan Kawasan Industri Wilmar di Kabupaten Serang. Padahal, proyek itu ditarget harus selesai konstruksinya paling lambat akhir tahun 2019.

Menurut Sekda Banten Al Muktabar, Pemprov Banten memiliki keterbatasan otoritas dalam pelaksanaan PSN di Provinsi Banten. Adapun yang menjadi mandat dari pemerintah pusat adalah penetapan lokasi (penlok) proyek.

“Jadi terkait progres PSN di Banten, Pemprov telah melakukan penlok sesuai kewenangan daerah,” kata Al kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Dari 12 PSN yang ada di Banten, kata Al, progres Waduk Sindangheula hingga 2019 yang paling menggembirakan karena telah selesai pembangunan konstruksinya sehingga tahun depan tinggal peresmian operasionalnya.

“Kami masih menunggu agenda pemerintah pusat. Sambil tahun depan mendorong agar pembangunannya dikebut,” tegasnya.

Sementara progres 11 PSN lainnya, Al mengaku, Pemprov Banten telah melakukan fasilitasi dalam rangka mempercepat pembangunannya. Selain itu, OPD terkait juga diminta membantu memfasilitasi pembangunan PSN di Banten seperti DPUPR, DPRKP, Dishub dan Biro Bina Infrastruktur dan SDA.

“Adapun teknis penyelenggaraan, itu kewenangan kementerian terkait. Di antaranya Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan kementerian terkait lainnya. Kami belum mendapat informasi terkait review pelaksanaan akhir tahun 2019 dari masing-masing kementerian,” tegasnya.

Dari 12 proyek strategis nasional yang ada di Banten, hanya satu yang progresnya hampir rampung yakni proyek Waduk Sindangheula.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News