Babah Bikes, Sepeda Custom yang Sudah Merambah Mancanegara

Lambungkan Kembali Chromoly

Babah Bikes, Sepeda Custom yang Sudah Merambah Mancanegara
KERJA TIM: Dari kiri, Ahsin Wahyunan, Joko Prayitno, Rizka Ferri Admawan, saat ditemui di bengkel kerja tempat mereka menyelesaikan sepeda custom pesanan calon pembeli. (Agung Putu Iskandar/Jawa Pos)

jpnn.com - POPULARITAS chromoly sebagai bahan pembuat frame sepeda kembali melambung. Jika umumnya bahan tersebut digunakan untuk sepedatouringvintage, dan sebagian kecil brand sepeda balap, kali ini chromolyproduksi Reynolds juga dipakai untuk sepeda-sepeda MTB.

*****

Selama ini frame sepeda MTB sangat akrab dengan bahan aluminium alloy. Terutama dari kalangan pabrikan besar baik dari Indonesia maupun merek-merek luar negeri. Namun, produsen sepeda custom dari Malang, Babah Bikes, justru membuat sepeda MTB dari bahan chromoly.

Frame MTB yang diproduksi mulai dari jenis all-mountain hingga downhill, baik yang hardtail maupun full-suspension. Babah Bikes juga memproduksiframe custom untuk sepeda-sepeda dirt jump.

”Bahan chromoly lebih kuat, tapi juga mampu memberikan kelenturan dengan tetap mempertahankan tingkat stiffness (kaku) yang tinggi. Kelenturannya cocok untuk sepeda MTB yang banyak jumping,” kata Joko Prayitno, founder Babah Bikes, saat ditemui Jawa Pos di lokasi workshop di kawasan Sarangan, Malang.

Cyclist yang akrab dipanggil Jho itu mengungkapkan, chromoly yang diproduksi perusahaan Reynolds asal Inggris itu memiliki banyak jenis dengan komposisi campuran bahan yang beragam. Seri-seri produk terbaik seperti 931, 953, 631, dan 853 hanya dijual di negeri asalnya, Inggris.

Sedangkan seri tubing chromoly 520 dan 500 lebih populer dan dijual ke luar negeri dalam bentuk satu set tubing untuk frame sepeda. Nah, bahan sepeda yang digunakan Babah Bikes adalah chromoly dua seri tersebut. Mereka mendatangkan langsung dari Inggris. Untuk setiap satu set pembelian, mereka mendapatkan stiker keaslian dari Reynolds untuk ditempel di sepeda setelah jadi.

Jho mengungkapkan, dua bahan dibedakan dengan berat dan teknologi yang digunakan. Seri 520 memiliki teknologi double-butted. Yakni, pipa memiliki ketebalan ekstra di kedua ujungnya yang mencapai 0,9 mm. Sedangkan tebal bagian tengah lebih tipis, 0,6 mm.

POPULARITAS chromoly sebagai bahan pembuat frame sepeda kembali melambung. Jika umumnya bahan tersebut digunakan untuk sepedatouring, vintage,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News