Baca Replik, JPU Sebut Rizieq Cari Panggung dengan Mengaku Bertemu BG dan Tito

Senin, 14 Juni 2021 – 17:07 WIB
Baca Replik, JPU Sebut Rizieq Cari Panggung dengan Mengaku Bertemu BG dan Tito - JPNN.com
Habib Rizieq Shihab yang menjadi terdakwa perkara tes usap atau swab test RS Ummi pada persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, 14 April 2021. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Jaksa penuntut umum (JPU) menyebut Habib Rizieq Shihab (HRS) mencari panggung dengan mengaku pernah bertemu Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Tito Karnavian di Arab Saudi.

Menurut JPU, mantan imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu menyeret nama pihak lain yang tak ada kaitan dengan perkaranya.

"Cerita terdakwa seakan-akan mencari panggung untuk menyalahkan pihak lain dan membenarkan secara sepihak yang dilakukan oleh terdakwa," kata JPU saat membacakan replik atas pleidoi Rizieq pada persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (14/6).

Jaksa juga menyinggung pleidoi Rizieq dalam perkara penyebaran berita bohong hasil tes usap RS Ummi Bogor  yang menyebut nama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, mantan Menko Polhukam Wiranto, hingga pasukan khsuus TNI.

"Semua tidak ada hubungannya dengan fakta-fakta persidangan dengan perkara a quo (tersebut)," tutur JPU.

Sebelumnya Rizieq mengaku pernah bertemu Tito Karnavian selaku Kapolri dan Kepala BIN Budi Gunawan di Arab Saudi.

Rizieq mengatakan pertemuan itu bermula ketika Wiranto meneleponnya pada akhir Mei 2017. Pendiri FPI itu mengeklaim Wiranto mengajaknya berdialog dan melakukan rekonsiliasi.(mcr8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...