Badai Paling Ganas Paksa 720 Ribu Jiwa Mengungsi

Badai Paling Ganas Paksa 720 Ribu Jiwa Mengungsi
Badai Paling Ganas Paksa 720 Ribu Jiwa Mengungsi

MANILA--Haiyan, badai dengan kekuatan terbesar sepanjang sejarah, menerjang wilayah Filipina kemarin (8/11). Empat orang dikabarkan tewas gara-gara bencana tersebut. Empasan badai juga memaksa lebih dari 720 ribu warga mengungsi dari tempat tinggal mereka.

 

Badai dengan kekuatan super itu menerjang Pulau Samar, 370 mil atau sekitar 481 kilometer tenggara Manila, ibu kota Filipina. Badai tersebut mengembuskan angin dengan kecepatan 253 kilometer per jam. Bahkan, dalam sebuah kesempatan, badai itu membawa angin dengan kecepatan mencapai 305 kilometer per jam. Catatan tersebut membuat Haiyan menjadi badai kategori lima dengan kekuatan terbesar yang pernah terjadi.

 

Pemerintah Filipina memastikan empat orang tewas akibat serangan badai tersebut. Kerugian total akibat bencana itu belum bisa dipastikan. Pemerintah kesulitan untuk mengakses informasi di daerah bencana karena kerusakan hebat yang melanda. Dua korban tewas karena tersengat listrik, seorang lagi meninggal lantaran tertimpa pohon tumbang, dan satu korban lainnya tewas gara-gara tersambar petir.

 

Kepala Palang Merah Filipina Gwendolyn Pang mengatakan, kuatnya badai mengakibatkan kerusakan hebat. "Kami menerima laporan banyak pohon tercabut dari akarnya. Tiupan angin kencang juga membuat permukiman yang terbuat dari bahan ringan rusak berat," katanya seperti dilansir Daily Mail. (c9)

MANILA--Haiyan, badai dengan kekuatan terbesar sepanjang sejarah, menerjang wilayah Filipina kemarin (8/11). Empat orang dikabarkan tewas gara-gara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News