Bagi-bagi Uang ke Pemilih, Saksi Caleg PPP Ditangkap

Bagi-bagi Uang ke Pemilih, Saksi Caleg PPP Ditangkap
Bagi-bagi Uang ke Pemilih, Saksi Caleg PPP Ditangkap

jpnn.com - CILEGON - Seorang saksi calon legislatif (Caleg) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Aldiansyah dipolisikan warga Kavlink Blok C, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang Wetan, Kota Cilegon, Rabu (9/4).

Aldiansyah tertangkap tangan sedang mengkoordinir memberikan uang sebesar Rp 50.000 kepada warga yang hendak masuk ke TPS 13 di Jalan Paus, Kavlink Blok C untuk memilih jagoannya.

Kapolsek Cilegon Kompol M Nuril Huda mengatakan, pihaknya suudah menindaklanjuti sesuai aturan berlaku. Bersama Panwaslu Kota Cilegon, pihaknya juga masih terus melakukan proses pemeriksaan terhadap Aldiansyah. ”Kami juga perlu melakukan cross ceck kepada terlapor  dan hingga saat ini proses penyelidikan oleh Panwaslu dan Polres Cilegon,” ujarnya.

Sementara Yusuf Istarom, warga yang menangkap Aldiansyah mengatakan, ia melihat Aldi memanggil sejumlah warga yang hendak mencoblos dari sebuah warung yang tidak jauh dari TPS. ”Aldi meminta mencoblos salah satu caleg dan memberikan uang pecahan 50 ribuan,“ ujar Yusuf Istarom.

Menurut Yusuf, Aldiansyah juga merupakan saksi di TPS 13 di Jalan Paus, Kavlink Blok C. Ia memperkirakan praktek membeli suara yang dilakukan Aldiansyah sudah dilakukan kepada sekitar 20-an warga.  

”Kejadiannya saat saya sedang mengantre masuk ke TPS. Tak sedikit warga yang mau memasuki TPS dipanggil ke salah satu warung yang berada tidak jauh dari TPS. Mereka diberikan sejumlah uang. Karena kesal lalu saya tangkap lalu saya serahkan ke kantor polisi,tutur Yusuf.

Aldiansyah mengaku dirinya sudah membagikan uang kepada 20 warga. Uang itu berasal dari Ahyan yang diketahui  anaknya Hendra Wijaya, caleg Dapil 4 Jombang-Purwarkarta untuk DPRD Kota Cilegon dari PPP. ”Uang tersebut dari Pak Haji Ahyan, untuk dibagikan kepada warga agar mencoblos Hendra Wijaya,” ujar Aldiansyah.

Sementara di bagian lain, Ayahanda Caleg Hendra Wijaya, Ahyan langsung membantah saat dikonfirmasi soal pengakuan saksi Aldiansyah tersebut.

CILEGON - Seorang saksi calon legislatif (Caleg) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Aldiansyah dipolisikan warga Kavlink Blok C, Kelurahan Masigit,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News