Bagi Jakarta, MRT Harga Mati

Bagi Jakarta, MRT Harga Mati
Bagi Jakarta, MRT Harga Mati
MASS Rapid Transit (MRT) merupakan solusi jitu menjawab persoalan transportasi Jakarta. Sebab transportasi publik berbasis rel mampu mengurai kemacetan di kota-kota besar, termasuk Jakarta. Demikian ditegaskan Gubernur Fauzi Bowo, Rabu (15/6).

Ia mengatakan, sektor transportasi merupakan komponen utama dalam pengembangan wilayah Jakarta sebagai metropolitan. “Kalau kita salah menentukan pilihan transportasi apa yang akan dibangun, maka sistem transportasi kita akan jadi amburadul,” ujar dia.

Di sejumlah kota-kota besar mancanegara, memilih membangun MRT untuk menimbangi pertumbuhan kendaraan. Selain memenuhi kebutuhan angkutan cepat bagi masyarakat, alias tidak terjebak kemacetan. “Seperti Cina, juga melakukan hal ini, karena Cina yakin akan bisa kompetitif ke depannya dengan negara lain,” tutur pria yang akrab disapa Foke itu.

Bila perencanaan hanya diarahkan pada pembangunan jalan raya, akan menimbulkan persaingan membangun jalan tanpa memperhatikan perkembangan pembangunan sistem transportasi publik berbasis rel. “Percuma ada jalan, kalau transportasi publik berbasis rel tidak dibangun. Padahal, MRT dan kereta api sudah ada sistem yang konsisten dan dapat dipertahankan dalam jangka panjang,” tandas Foke.

MASS Rapid Transit (MRT) merupakan solusi jitu menjawab persoalan transportasi Jakarta. Sebab transportasi publik berbasis rel mampu mengurai kemacetan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News