Baguna Memang Berguna, Ini Buktinya

Baguna Memang Berguna, Ini Buktinya
Dokter Firman dari Baguna PDIP sedang memeriksa seorang warga Suku Anak Dalam yang terkena dampak kabut asap di Sarolangun, Jambi. Foto: Baguna for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kader PDI Perjuangan yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) merasa bangga bisa membantu para korban kabut asap. Terlebih, anggota tim Baguna yang sudah mendapat pelatihan dari Basarnas itu bisa menunjukkan kiprahnya di daerah-daerah terdampak kabut asap terutama di Sumatera Selatan dan Jambi.

Menurut Koordinator Baguna DPP PDI Perjuangan, Alvian Feoh, pihaknya telah membuka pos kesehatan di 13 desa di kabupaten-kabupaten yang terdampak kabut asap di Sumsel dan Jambi. “Lebih 10 ribu pasien kami layani,” ujarnya sebagaimana dikutip JawaPos.Com, Kamis (5/11).

Di Jambi, katanya, Baguna juga mendatangi warga Suku Anak Dalam yang membutuhkan layanan kesehatan karena terkena kabut asap. Ada 100 warga Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun, Jambi yang mendapat layanan kesehatan dari Baguna.

Alvian menambahkan, mayoritas warga yang menjadi korban kabut asap mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Selain itu, lanjutnya, korban kabut asap juga terserang penyakit kulit. “Penyakit kulit itu dampak kekurangan air bersih,” sebutnya.

Baguna juga membagi-bagikan masker untuk warga. Setidaknya ada 10 ribu masker yang dibagi-bagikan ke warga di Sumsel dan Jambi.

Baguna bahkan sempat menemukan pasien penderita kanker usus di Jambi yang bernama Ibu Wija. Namun, akhirnya warga Desa Jati Mulyo, Kecamatan Geragai di Kabupaten Tanjung Jabung Timur itu dirawat di RSUD Jambi.

“Pasien memang dari keluarga kurang mampu. Tapi kini bisa meneruskan pengobatan atas rujukan tim Baguna dan rekomendasi PDIP,” sambung Alvian.

Selain membantu secara medis, tim Baguna juga ikut memadamkan titik api. Bersama petugas dan warga, kader-kader Baguna terjun ke titik-titik api di Sarolangung.

JAKARTA - Kader PDI Perjuangan yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) merasa bangga bisa membantu para korban kabut asap. Terlebih,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News