Bahas Institusionalisasi Parpol, Hasto Sampaikan Pernyataan Penting Megawati Soekarnoputri

Bahas Institusionalisasi Parpol, Hasto Sampaikan Pernyataan Penting Megawati Soekarnoputri
Sekjen PDIP mengupas pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar publik dan kader bisa memahami bagaimana proses pelembagaan atau institusionalisasi PDIP. Hasto menyampaikan itu dalam Seminar Nasional bertema “Pelembagaan Partai dan Kepemimpinan Strategis Nasional” yang dilaksanakan oleh Iluni dan SKSG, Pascasarjana UI di Hotel Savoy Homann, Bandung, Kamis (26/1). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - BANDUNG - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga mahasiswa Program Doktoral Universitas Indonesia (UI), Hasto Kristiyanto mengupas pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar publik dan kader bisa memahami bagaimana proses pelembagaan atau institusionalisasi partainya.

Hasto menyampaikan itu dalam Seminar Nasional bertema “Pelembagaan Partai dan Kepemimpinan Strategis Nasional” yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) bersama Sekolah Kajian Strategik dan Global (SKSG), Pascasarjana UI di Hotel Savoy Homann, Bandung, Kamis (26/1).

Hasto menjadi salah satu pembicara bersama Burhanuddin Muhtadi dan Ketua Kaprodi SKSG Dr.A.Hanief Saka Ghafur.

Menurut Hasto, untuk memahami bagaimana institusionalisasi PDIP, bisa berkaca dari pernyataan Megawati Soekarnoputri. 

“Bu Mega mengingatkan jangan sampai PDI Perjuangan jatuh dalam alam transaksional yang pragmatis, sebab kita adalah partai ideologis dengan rekam jejak sejarah panjang. Berpolitik itu membangun peradaban, menentukan arah bagi masa depan bangsa. Karena itulah PDI Perjuangan ada selamanya, sepanjang bangsa ini ada," kutip Hasto. "Tampak pernyataan sederhana, tetapi menunjukkan betapa pentingnya partai politik itu,” kata Hasto. 

Pernyataan Megawati yang disampaikan Hasto itu mendapat applaus peserta yang hadir.

Dalam kerangka itu, PDIP tetap berusaha menjadi partai modern, tetapi dengan rohnya tidak berubah, yakni berideologi Pancasila dengan spirit kelahiran 1 Juni. 

"Maka keputusan strategis Ibu Mega merupakan bahan penelitian sangat menarik,” imbuhnya.

Hasto menyampaikan pernyataan Megawati Soekarnoputri agar agar publik dan kader bisa memahami bagaimana proses pelembagaan atau institusionalisasi PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News