Bahas Uang Rakyat, DPR Diminta Libatkan Publik

Bahas Uang Rakyat, DPR Diminta Libatkan Publik
Bahas Uang Rakyat, DPR Diminta Libatkan Publik
JAKARTA - Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Ucok Sky Khadafi, meminta pembahasan anggaran di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  dilakukan secara terbuka untuk publik. Menurutnya, publik seharusnya bisa diikutsertakan dalam rapat-rapat perencanaan anggaran di DPR.

"Harus terbuka dalam pembahasan perencanaan anggaran hingga kepada penetapan. Masyarakat harus diundang untuk melihat itu," kata Uchok saat diskusi bertajuk Tabir Bandit Anggaran di warung daun Cikini, Jakarta, Minggu (18/9).

Menurutnya, keterlibatan publik dalam rapat anggaran itu selain untuk melakukan pengawasan terhadap anggota dewan, juga untuk mengetahui jumlah anggaran dan rencana alokasinya. Bahkan uchok menilai, kehadiran masyarakat dalam rapat pembahasan anggaran setidaknya bisa diwakilkan masyarakat sipil, maupun media massa.

Agar tidak terjadi penyelewengan anggaran, kata Ucok, ia menyarankan agar setiap dokumen yang telah disahkan bisa diakses publik untuk dianalisamelakukan analisis. "Jika usulan ini ditolak, maka pengelolaan anggaran dipastikan tidak akan bebas korupsi," tandasnya.

JAKARTA - Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Ucok Sky Khadafi, meminta pembahasan anggaran di Dewan Perwakilan Rakyat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News