Bahaya, Angka Orang Kegemukan Meningkat

Bahaya, Angka Orang Kegemukan Meningkat
Bahaya, Angka Orang Kegemukan Meningkat
JAKARTA - World Health Organization (WHO) melansir prosentase orang kegemukan atau overweight yang mencengangkan. Data selama 2010, di negeri ini tercatat ada 32,9 persen atau sekitar 78,2 juta penduduk dengan kondisi kegemukan. Prosentase tadi bisa dibandingkan dengan data obesitas WHO pada 2008 yang hanya 9,4 persen. Dengan peningkatan jumlah penduduk yang kegemukan ini, ikut mendorong peningkatan faktor resiko penyakit kronis.

Dokter spesialis nutrisi Siloam Hospitals dr Samuel Oetoro M.S. Sp.GK menuturkan, penyakit kronis yang mengikuti orang dengan kundisi badan kegemukan cukup beragam. Di antaranya yang dominan adalah, hipertensi, serangan jantung, diabtes, dan beberapa jenis kanker.

Tingginya angka penduduk yang obesitas di Indonesia, menurut Samuel disebabkan beberapa faktor. Diantaranya adalah, perubahan pola hidup di masyarakat. "Sekarang mengkonsumsi junk food menjadi tren. Apalagi bagi anak muda," ucap dia.

Menurut Samuel, sel yang menyusun lemak merupkan sel-sel yang tua. Jika sel-sel tua ini menumpuk di organ tertentu, makan ikut menyeret usia organ tersebut menjadi lebih tua. "Misalnya tumpukan lemak itu di jantung. Ya usia jantungnya mengalami penuaan," terang dia. Dengan kondisi penuaan yang lebih cepat tersebut, Samuel menjelaskan fungsi organ-organ tadi juga menurun lebih cepat.

JAKARTA - World Health Organization (WHO) melansir prosentase orang kegemukan atau overweight yang mencengangkan. Data selama 2010, di negeri ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News