Baksos Kolaboratif di Sumenep, Khofifah: Gotong Royong Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Baksos Kolaboratif di Sumenep, Khofifah: Gotong Royong Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengikuti kegiatan Pelayaran Kebangsaan dan Bahari yang diprakarsai Koarmada II TNI AL di Sumenep pada Rabu (22/6). Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, SUMENEP - Pemprov Jawa Timur (Jatim) bersama Koarmada II bersinergi dengan FKG UNAIR, FKG UHT, serta Baznas untuk melakukan baksos kolaboratif multistakeholder di Pantai Slopeng, Sumenep.

Melalui kegiatan Pelayaran Kebangsaan dan Bahari yang diprakarsai Koarmada II TNI AL, gotong royong lintas elemen dilakukan guna memastikan bahwa kebutuhan layanan kesehatan dan gizi masyarakat di wilayah kepulauan Jatim itu tersupport melalui berbagai jenis baksos yang dilakukan.

Gubernur Khofifah bersama Kaskoarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi turun langsung mengawal baksos dengan berbagai program mulai khitanan massal, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi dan edukasi kesehatan, serta santunan anak yatim dan yatim piatu.

Selain itu, bantuan tambahan gizi, pencegahan stunting, rumah tinggal layak huni, zakat produktif, serta diskusi kebangsaan.

Semuanya dipusatkan di Pantai Slopeng Sumenep pada Rabu (22/6).

Banyak kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini. Dengan menggunakan KRI Makassar-590, Koarmada II mengandeng Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga Surabaya dan Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah untuk memberikan sosialisasi hingga pengobatan umum kepada masyarakat di Pantai Slopeng.

Kegiatan bakti sosial sekaligus pengabdian masyarakat ini meliputi khitan massal yang diikuti lebih 100 anak peserta, donor darah, sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, serta pengobatan umum dan pemeriksaan gigi dan mulut yang diselenggarakan di beberapa puskesmas di Sumenep.

“Atas nama cinta tanah air kami menjalin strong partnership. Atas nama cinta Indonesia kami saling tolong dan saling bantu. Kami juga melakukan bakti sosial yang diwujudkan dalam satu payung, yakni Pelayaran Kebangsaan Bahari inisiasi Koarmada II Surabaya,” ungkapnya. 

Pemprov Jatim bersama TNI AL, FKG Unair, FKG UHT, serta Baznas menggelar baksos di Sumenep

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News