Balad Jokowi: Vaksinasi Gratis Selaras dengan Pemulihan Ekonomi Nasional

Balad Jokowi: Vaksinasi Gratis Selaras dengan Pemulihan Ekonomi Nasional
Ilustrasi logo peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Balad Jokowi mengapresiasi kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang menggratiskan vaksin COVID-19 untuk masyarakat.

"Ini membantah anggapan bahwa Pak Jokowi tidak serius mengatasi pandemi COVID-19 di tanah air. Pak Jokowi membuktikan selalu hadir untuk rakyat," kata Ketua Umum Balad Jokowi, M Muchlas Rowi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (17/12). 

Selain itu, kebijakan ini menjadi bukti Presiden Jokowi menjalankan amanah konstitusi Pasal 28H menyebut bahwa warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kebijakan Presiden Jokowi itu membantah komersialisasi vaksin. Meski gratis untuk semua kalangan, untuk mengantisipasi terbatasnya jumlah vaksin, pemberian vaksin perlu diprioritaskan terlebih dahulu kepada masyarakat yang kurang mampu dan kelompok rentan.

"Untuk mencegah terjadinya permasalahan-permasalahan dalam program vaksinasi gratis perlu disiapkan diantaranya penentuan prioritas, pendataan, strategi mencegah pemalsuan identitas," kata Muchlas.

Terkait kesediaan menjadi orang pertama yang divaksin, dia menilai hal ini menunjukkan Presiden Jokowi adalah pemimpin bertanggungjawab.

"Ketauladanan Pak Jokowi ini harus direspon positif oleh semua anak bangsa," tuturnya.

Balad Jokowi menilai vaksin gratis sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional yang selalu disampaikan Presiden dalam banyak kesempatan.

Balad Jokowi mengapresiasi kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang menggratiskan vaksin COVID-19 untuk masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News