Balai Ternak BAZNAS Wujudkan Kemandirian Masyarakat Miskin Pedesaan

Balai Ternak BAZNAS Wujudkan Kemandirian Masyarakat Miskin Pedesaan
Balai Ternak BAZNAS Wujudkan Kemandirian Masyarakat Miskin. Foto: dok. Baznas

jpnn.com, NGAWI - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus menggencarkan pengembangan usaha Balai Ternak Kelompok Unggas di Jawa Timur. Kali ini meluas ke Ngawi.

Peluncuran Balai Ternak yang menjadi bagian rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 BAZNAS pada 17 Januari ini diselenggarakan di Desa Jenggrik, Jumat (20/1).

Target penerima manfaat program ini adalah masyarakat yang ingin beternak, fakir atau miskin, bertekad memperbaiki taraf hidup, dan secara fisik mampu bekerja keras serta record kemitraan sebelumnya.

"Dasar prioritas keluarga yang diintervensi modal adalah yang masuk kategori miskin dan fisabilillah," kata Saidah Sakwan, Pimpinan BAZNAS dalam keterangannya, Sabtu (21/1).

Balai Ternak kelompok unggas BAZNAS merupakan respons atas kebutuhan percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat miskin di pedesaan, dan potensi pengembangan usaha ayam pedaging yang potensial.

Sebelumnya, BAZNAS telah menjalankan program balai ternak kelompok unggas di wilayah Jawa Tengah. Pada akhir 2022, program ini dikembangkan di Madiun.

"Kami berharap progam ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi para mustahik, sehingga peternak bisa mandiri dan berdaya," tutur Kolonel Caj. (Purn) Drs Nur Chamdani, Pimpinan BAZNAS Pembina Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Selain dampak ekonomi, lanjut Nur Chamdani, program ini diharapkan juga dapat meningkatkan nilai sosial dan spiritual peternak mustahik.

Balai Ternak BAZNAS merupakan respons atas kebutuhan percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat miskin di pedesaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News