Balitbang Golkar: Langkah Pemerintah Tangani COVID-19 Terbukti Tepat

Balitbang Golkar: Langkah Pemerintah Tangani COVID-19 Terbukti Tepat
Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga. Foto: dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pelandaian angka penderita baru covid adalah bukti tepatnya kebijakan pemerintah dalam mitigasi. Hal ini dikatakan Jerry menjawab pertanyaan wartawan seputar data Covid terbaru.

Menurut Jerry, meskipun selama ini banyak opini berkembang yang mengatakan penanganan covid di Indonesia tidak tepat, namun bukti statistik menunjukkan yang sebaliknya.

"Sejak semula Balitbang Golkar menilai bahwa kebijakan-kebijakan Pemerintah sangat tepat dalam penanganan covid. Terbukti hanya dalam waktu yang relatif singkat hasilnya sangat baik," kata Jerry di Jakarta, Minggu (12/9).

Menurunnya angka covid di Indonesia bahkan menjadi topik yang menarik bagi negara lain. Beberapa waktu lalu politikus dan anggota Dewan Malaysia menyampaikan keheranannya terhadap penurunan angka covid Indonesia sementara Malaysia belum kunjung melandai.

Indonesia dinilai cukup berhasil menyeimbangkan antara mitigasi kesehatan dan ekonomi Covid. Selain penurunan penderita baru, Indonesia juga mencatat pemulihan ekonomi yang cukup baik. Pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2021 yang berada di angka 7,07 persen diprediksi akan terus berlanjut di kuartal-kuartal selanjutnya.

Bagi Balitbang Golkar, menurut Jerry, kuncinya ada di penerapan keputusan yang tepat. Jerry melihat keputusan untuk tidak sepenuhnya melakukan lockdown total membuat masyarakat punya kesadaran terhadap pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam beraktifitas.

"Kebijakan PPKM kami pandang punya daya peringatan (alert power) terhadap masyarakat mengenai adanya pandemi. Jadi dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari masyarakat sadar bahwa mereka ada di konteks yang khusus yaitu pandemi itu sendiri. Dengan begitu mereka beraktifitas dengan prosedur dan protokol yang sudah disesuaikan," tambah Jerry.

Karena itu Balitbang Golkar mendukung pemberlakuan PPKM selama covid belum bisa diatasi sepenuhnya. Diharapkan dengan begitu angka covid terus dapat ditekan dan ekonomi terus tumbuh.

Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga mengatakan bahwa langkah pemerintah tangani COVID-19 kini sudah terbukti tepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News