Penyataan Menkes soal Varian Covid-19 dari Afrika Selatan Ngeri-Ngeri Sedap

Penyataan Menkes soal Varian Covid-19 dari Afrika Selatan Ngeri-Ngeri Sedap
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya tengah mengamati dan mewaspadai penyebaran tiga varian baru Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya tengah mengamati dan mewaspadai penyebaran tiga varian baru Covid-19 yaitu Lambda, jenis Mu, dan C.1.2. 

"Kami mengamati ada tiga varian baru yang kita amati dari dekat. Pertama ada Lambda, kedua Mu, dan ketiga Varian C.1.2," tutur BGS, inisial beken Budi Gunadi Sadikin, dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Senin (13/9).

Eks Wakil Menteri BUMN itu menuturkan, pihaknya berupaya agar virus tidak menulari masyarakat Indonesia. 

Misalnya, pemerintah memperketat penjagaan di pintu masuk internasional, mulai dari bandara, laut, dan darat.

"Penting bagi kami untuk menjaga border perbatasan kita, pintu-pintu masuk internasional, memperketat yang namanya entry dan exit test, termasuk mendisiplinkan proses karantin," ujarnya.

Dia mengatakan Kemenkes tengah meneliti pola penyebaran varian-varian baru Covid-19 ini. Jenis Lambda dan Mu dikategorikan varian of interest yang berasal dari Amerika Selatan.

Menurut beberapa jurnal, kata BGS, Lambda dan Mu memiliki kemampuan menghindari sistem kekebalan tubuh manusia.

"Jadi, efektivitas dari vaksin yang diberikan akan menurun terhadap dua varian ini," ujar alumnus Institut Teknologi Bandung itu.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut pihaknya tengah mengamati dan mewaspadai penyebaran tiga varian baru Covid-19 yaitu Lambda, jenis Mu, dan C.1.2. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News