Balitbang Golkar: Saatnya Anak Muda Jadi Change Maker

Balitbang Golkar: Saatnya Anak Muda Jadi Change Maker
Partai Golkar jelang Pilpres 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga mengatakan bahwa anak muda bisa warnai politik Indonesia.Pernyataan itu dikatakan Jerry dalam webinar Golkar Institute mengenai peran politik pemuda Indonesia beberapa waktu lalu.

Menurutnya kesempatan itu sangat terbuka sejak Reformasi. Sudah banyak anak muda yang menempati jabatan strategis di legislatif maupun eksekutif. Kesempatan itu makin terbuka lebar saat Presiden Jokowi merekrut banyak anak muda untuk membantunya baik di kabinet maupun di posisi-posisi lain.

Jerry sendiri menilai bahwa anak muda punya semangat kerja keras, kreatifitas dan solidaritas yang tinggi sehingga bisa memberi warna tersendiri bagi politik Indonesia. Trend bagus di bidang lain seperti di bidang teknologi informasi, marketing, ekonomi dan investasi di mana anak muda menunjukkan kapasitasnya seharusnya bisa juga terjadi di dunia politik.

“Saya kira sudah banyak bukti dan catatan mengenai peran penting dan strategis anak muda sebagai change maker. Ini bisa dilihat di bidang ekonomi, pemasaran, TI hingga pertanian. Di bidang politik pun sebenarnya sama. Anak muda bisa bukan hanya menjadi agent of change tetapi bahkan bisa menjadi change maker itu sendiri,” kata Ketua Balitbang Golkar yang millennial itu.

Golkar sendiri menurutnya sangat terbuka bagi anak muda, bukan hanya kepada millennial tetapi bahkan bagi generasi Z. Ketua Umum Airlangga Hartarto menurutnya punya perhatian khusus kepada anak muda sehingga banyak memberikan peran bagi anak-anak muda Golkar.

“Pak Ketum sangat terbuka bagi anak muda. Beliau yakin betul bahwa anak muda punya potensi yang luar biasa untuk mengembangkan diri di politik dan juga potensi membangun partai serta membangun negara dan masyarakat,” Tandas Jerry.

Keterbukaan Golkar terhadap peran politik anak muda ini menurut Jerry bisa dilihat dari banyaknya anak muda yang sudah menempati posisi di berbagai bidang. Jerry bahkan menyebut Golkar adalah salah satu partai yang punya anak muda dengan posisi strategis terbanyak.

“Banyak anggota DPR, anggota DPRD bahkan kepala Daerah. Ketua-ketua di organisasi internal Golkar maupun yang berafiliasi kepada Golkar juga anak muda. Jadi Golkar dalam hal ini selangkah di depan dalam mengakomodasi anak muda,” Tambah Jerry.

Keterbukaan Golkar terhadap peran politik anak muda ini menurut Jerry bisa dilihat dari banyaknya anak muda yang sudah menempati posisi di berbagai bidang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News