Bambang Soesatyo Yakin Kapolri Jenderal Sigit Mampu Wujudkan Polri Presisi

Bambang Soesatyo Yakin Kapolri Jenderal Sigit Mampu Wujudkan Polri Presisi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada Jenderal Sigit Listyo Prabowo yang baru saja dilantik menjadi Kapolri pengganti Idham Azis di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1). Foto: Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meyakini Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bisa melakukan banyak lompatan besar.

Dia menegaskan lompatan besar itu khususnya dalam penegakan hukum tanpa pandang bulu, restorative justice mendukung terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korban.

Selain itu, lanjut Bamsoet, lompatan besar dalam peningkatan pelayanan publik, hingga penerapan teknologi informasi mendukung kinerja Polri.

Dia menegaskan bahwa hal itu sebagaimana konsepsi Presisi yang ditawarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Yakni menjadikan Polri sebagai institusi penegak hukum yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, menyempurnakan konsepsi Polri Promoter (profesional, modern, terpercaya), yang digagas Kapolri Jenderal Tito Karnavian," ujar Bamsoet usai pelantikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Jakarta, Rabu (27/1).


Ketua ke-20 DPR RI ini menilai langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang akan menjadikan Polsek sebagai sentra resolusi dan penyelesaian persoalan dengan keadilan restoratif, patut segera diimplementasikan.

Dengan demikian, ujar Bamsoet, tidak seluruh kasus hukum ditindaklanjuti ke pengadilan, melainkan bisa diselesaikan dengan mengedepankan keadilan restoratif.

Menurutnya, penyelesaian permasalahan hukum di luar pengadilan, selama aspek keadilan terhadap korban maupun pelaku terpenuhi, akan menjadi terobosan besar bagi Polri, sekaligus mencegah moral hazard bagi para aparat kepolisian.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diyakini dapat membawa Polri melakukan lompatan besar sebagaimana konsep Presisi yang ditawarkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News