Bamsoet Apresiasi Zainudin Amali yang Meraih Gelar Profesor Kehormatan Unnes

Bamsoet Apresiasi Zainudin Amali yang Meraih Gelar Profesor Kehormatan Unnes
Bamsoet mengapresiasi Menpora Zainudin Amali yang mendapatkan gelar Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga Unnes. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mendapatkan gelar Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Pengukuhan dilakukan Rektor UNNES Fathur Rokhman di Gedung Auditorium Prof Wuryanto UNNES, Sabtu (20/8).

Bamsoet menjelaskan Zainudin Amali dalam orasi ilmiah bertajuk 'Kebijakan Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas Tahun 2045 (Penerapan Metode TARSIL dalam Kebijakan Pembangunan Olahraga Nasional)', menyoal rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk berolahraga.

"Masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam melakukan olahraga secara rutin dan teratur, menyebabkan masih tingginya angka kematian masyarakat yang disebabkan oleh penyakit tidak menular dan obesitas," kata Bamsoet di Jakarta, Sabtu.

Eks Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan itu mengatakan Menpora Zainudin Amali juga menilai di ruang lingkup olahraga pendidikan, di mana objeknya adalah anak-anak hingga dewasa muda yang merupakan usia emas, belum berkontribusi optimal dalam mensupport implementasi sistem pembinaan olahraga prestasi untuk meningkatkan kebugaran masyarakat.

Permasalahan tersebut sangat terkait dengan kurang gerak dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam berolahraga secara rutin dan teratur.

"Saudara Amali memberikan solusi dengan merumuskan penguatan hubungan vertikal antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mengembangkan kebijakan baru yang sesuai dengan konsep pembangunan keolahragaan yakni Trust, Authority, Responsibility, Supervision, Integration, dan Local Wisdom (TARSIL)," kata dia.

Adapun model TARSIL merupakan model konstruksi Otonomi Daerah sebagai upaya pemerintah pusat memberikan kewenangan untuk menunjang pemerintahan yang partisipatif dengan mengedepankan tanggungjawab dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia," kata Bamsoet.

Bamsoet mengapresiasi Menpora Zainudin Amali yang mendapatkan gelar Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga Unnes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News