Sabtu, 18 Agustus 2018 – 05:20 WIB

Bamsoet Berduka Dengar Kabar TKI Dianiaya di Malaysia

Selasa, 13 Februari 2018 – 13:08 WIB
Bamsoet Berduka Dengar Kabar TKI Dianiaya di Malaysia - JPNN.COM

Bambang Soesatyo. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Medan, Sumatera Utara, Adelina Lisao (21) tewas mengenaskan. Adelina diduga tewas karena dianiaya majikan. Tidak hanya dianiaya, Adelina dikabarkan dipaksa tidur bersama anjing peliharaan majikan selama sebulan di luar rumah.

Adelina meninggal dunia setelah sebelumnya dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi lemah di luar sebuah rumah di Taman Kota Permai, Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, Sabtu (10/2).

"Pimpinan menyampaikan bela sungkawa mendalam dan keprihatinan atas banyaknya TKI yang meninggal akibat penyiksaan saat bekerja," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo, Selasa (13/2).

Bambang meminta Komisi IX DPR mendesak Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengingatkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), pemerintah daerah, dan Perusahaan Jasa (PJ) TKI dalam mengirimkan TKI yang telah memenuhi kriteria dan standar yang sesuai dengan negara tujuan.

Meminta Komisi IX DPR mendesak pemerintah agar bisa bekerja sama dan menerima masukan yang diberikan Migrant Care Indonesia dalam memberikan perlindungan terhadap TKI.

"Meminta Komisi III mendesak Kepolisian (Interpol), Migrant Care Indonesia, dan PJ TKI untuk memberikan perlindungan dan pendampingan hukum bagi TKI yang bermasalah dengan hukum setempat," katanya. (boy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar