Bamsoet Berharap Keinginan Anak Muda Hadirkan Pendidikan Pancasila di Sekolah Segera Direspons

Bamsoet Berharap Keinginan Anak Muda Hadirkan Pendidikan Pancasila di Sekolah Segera Direspons
Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah UUD 1945 pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta, Jumat (1/10). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo kembali menekankan pentingnya memasukkan pendidikan Pancasila sebagai pelajaran wajib dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Menurut Bamsoet, pendidikan Pancasila dibutuhkan untuk memastikan ideologi bangsa tumbuh subur di hati para peserta didik.

Selain itu, untuk mengakomodir keinginan anak muda yang ternyata menginginkan kehadiran pendidikan Pancasila di dalam pendidikan formal.

"Dari hasil survei Indikator Indonesia yang dilakukan pada 4-10 Maret kepada 1.200 responden berusia 17-21 tahun, terungkap 82,3 persen anak muda menilai perlunya pendidikan Pancasila masuk pelajaran sejak sekolah dasar," ujar Bamsoet usai menghadiri peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta, Jumat (1/10).

Ketua DPR RI ke-20 itu mendorong agar kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim merespon keinginan tersebut.

Dia menyampaikan setiap negara selalu mempunyai sejarah konflik dalam dinamika kehidupan kebangsaannya, termasuk Indonesia.

Bangsa Indonesia harus mensyukuri memiliki Pancasila yang selalu berperan sebagai bagian penting dari resolusi konflik, yang menyatukan seluruh elemen bangsa pada sebuah visi kebangsaan.

"Pancasila menekankan bahwa keberagaman yang kita miliki adalah fitrah kebangsaan yang tidak dapat diingkari dan pungkiri. Sejak kita mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara kesatuan, yang hidup dalam kemajemukan budaya, suku, ras, dan agama, sejak saat itulah konsep kebhinekaan telah menyatukan kita dalam satu ikatan kebangsaan," papar Bamsoet.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan dua alasan pentingnya menghadirkan kembali pendidikan Pancasila sebagai pelajaran wajib di sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News