Bamsoet Berharap Penanganan Pascagempa NTB Cepat dan Masif

Bamsoet Berharap Penanganan Pascagempa NTB Cepat dan Masif
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menyampaikan rasa belasungkawanya untuk keluarga korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa berkekuatan 6,4 SR PADA Minggu (29/7) pagi, itu merenggut 15 korban jiwa termasuk seorang warga Malaysia.

“Saya menyampaikan rasa prihatin dan dukacita yang mendalam, terutama bagi korban yang meninggal dan terluka serta bagi keluarga korban untuk bersabar menerima musibah gempa ini,” ujar Bambang, Senin (30/7).

Bambang berharap proses penanganan pascabencana dilakukan secara cepat dan masif. Bambang menginginkan bantuan untuk korban selamat diproritaskan.

Legislator yang karib disapa Bamsoet itu mendorong Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) bersinergi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ataupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera memberikan bantuan. Baik itu berupa bantuan kesehatan, pangan, pakaian, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, juga harus memperhitungkan kerugian yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Mantan ketua Komisi III DPR itu juga meminta Kementerian Sosial (Kemensos) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk memobilisasi pemberian bantuan kemanusiaan.

Dia berharap kebutuhan masyarakat Lombok yang terdampak gempa dapat disalurkan tepat sasaran dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Bamsoet juga meminta meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendirikan posko siaga kesehatan yang menyediakan obat-obatan dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi penyakit yang timbul dan dialami oleh para pengungsi.

Bamsoet juga memberi perhatian khusus pada bangunan yang rusak akibat gempa. Dia mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera merehabilitasi rumah, tempat ibadah dan fasilitas kesehatan yang rusak.

Bambang Soesatyo berharap proses penanganan pascabencana dilakukan secara cepat dan masif. Bambang juga ingin untuk memprioritaskan membantu korban selamat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News