Bamsoet: Biarkan Tito Pilih Wakilnya

Bamsoet: Biarkan Tito Pilih Wakilnya
Bambang Soesatyo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian telah tuntas menyelesaikan  fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR, Kamis (23/6). Komisi Hukum secara bulat menyetujui Tito sebagai calon Kapolri.

Yang menarik adalah isu tentang siapa wakil Kapolri yang ideal untuk  mendampingi Tito, kembali jadi perbincangan.

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo meminta supaya Tito diberi keleluasaan memilih siapa wakil yang pas untuk mendampinginya membenahi institusi Polri.

"Beliau (Tito, red) pada saatnya akan memilih. Serahkan saja ke yang bersangkutan. Siapa yang buat dia nyaman bersama wakilnya. Presiden juga tidak akan dikte wakapolrinya. Dia barus tunjuk yang bisa membuat dia nyaman," kata politikus yang akrab disapa Bamsoet, di gedung DPR Jakarta, Kamis (23/6).

Bagi DPR, lanjut politikus Golkar itu, hasil FnP akan dibawa ke sidang paripurna 27 Juni mendatang. Kemudian diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk menjadwalkan pelantikan Komjen Tito dan pemberhentian Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Terkait program kerja 100 hari pertama yang mendesak harus dilakukan Tito, kata Bamsoet, melakukan pembenahan ke dalam, percepatan reformasi birokrasi internal.

Sejalan dengan itu Tito harus melakukan komunikasi dengan para seniornya di Polri. Bamsoet juga menyarankan untuk sementara waktu Kapolri baru tetap pertahankan Wakapolri Komjen Budi Gunawan.

"Saran saya Kapolri yang nanti dilantik tetap gandeng Wakapolri yang sekarang agar penetrasi lebih smooth,” pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian telah tuntas menyelesaikan  fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News