Bamsoet Dorong Polri, TNI & BIN Gencarkan Operasi Antiteror

Bamsoet Dorong Polri, TNI & BIN Gencarkan Operasi Antiteror
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo lagi-lagi mengingatkan Polri, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk memastikan keamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Bamsoet -panggilan kondangnya- menyatakan penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara di Asia itu steril dari ancaman teroris.

“DPR mendorong Polri, TNI dan BIN meningkatkan intensitas operasi untuk melumpuhkan sekaligus mengeliminasi ancaman dari sel-sel teroris,” ujarnya di Jakarta, Selasa (10/7).

Mantan ketua Komisi Hukum DPR itu menambahkan, ada hal khusus yang perlu jadi perhatian aparat keamanan. Yakni  insiden ledakan bom ikan di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur pekan lalu.

Menurutnya, insiden itu menjadi bukti tentang masih adanya sel-sel teroris yang aktif dan terus mengintai. Bamsoet menyebut aktivitas sel-sel teror tampak dari temuan yang memperlihatkan pemilik bom Pasuruan merupakan anggota jaringan teroris.

Pemilik bom Pasuruan, kata Bamsoet, memiliki latar belakang sebagai mantan narapidana teroris yang bebas dari penjara Cipinang pada 2015. Selanjutnya, pelaku bom pasuruan berafilias dengan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) Depok dan Medan. “Serta diduga terlibat ledakan bom sepeda di Kalimalang pada 2010,” sebut Bamsoet.

Berdasar catatan itu, kata Bamsoet, pemilik bom Pasuruan diduga berinteraksi dengan rekan-rekannya sesama anggota jaringan teroris. “Kemungkinan inilah yang harus diwaspadai bersama,” katanya.

Bamsoet menambahkan, teroris selalu mencari momentum untuk beraksi. Misalnya, terduga teroris yang ditembak mati di flyover Pamanukan, Subang, Jabar pada 22 Juni 2018 lalu diduga berencana melakukan teror saat pencoblosan Pilkada Serentak 2018.

Sedangkan Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018 bakal dihadiri delegasi dari 45 negara peserta dengan jumlah atlet mencapai 16 ribu orang. Pada momentum seperti Asian Games itulah para teroris mencoba mencari cara dan peluang untuk melancarkan aksinya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang harus steril dari ancaman teroris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News