Bamsoet: Indonesia Bukan Negara Sekuler, Bukan Juga Negara Agama

Bamsoet: Indonesia Bukan Negara Sekuler, Bukan Juga Negara Agama
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan Indonesia bukanlah negara sekuler yang memisahkan agama dengan negara. Dia menegaskan Indonesia juga bukan negara agama atau negara teokratis, yang berdasar pada agama tertentu.

Meskipun demikian Indonesia dapat disebut sebagai negara dengan penduduk yang agamis, di mana semua penduduknya beragama, dan agama menjadi spirit dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

"Di tengah merebaknya politik identitas di berbagai negara dengan menggunakan sentimen suku, agama, ras, dan antargolongan sebagai bahan bakar pemantiknya, yang seringkali dimanfaatkan politisi demi ambisi kekuasaan sebagaimana diperlihatkan di Amerika, India, dan Brasil, namun di Indonesia isu tersebut justru tak laku dijual. Kita memang hampir terjebak, namun berhasil keluar lantaran ada Pancasila sebagai ideologi yang terbukti selalu menyelamatkan bangsa," ujar Bamsoet saat membuka Seminar Internasional 'Beragama yang Harmonis dan Konstruktif yang Menguatkan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara', yang digelar MPR RI menyambut kedatangan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (Rabithah Al Alam Al Islami), H.E. Mr.  Sheikh Mohammed bin Abdulkarim Al Issa, di gedung Nusantara IV MPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/2).

Seminar ini turut dihadiri perwakilan berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), PP Muhammadiyah, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memaparkan, bila melihat jumlah penduduk yang mencapai 239,89 juta jiwa dengan komposisi 1.340 suku bangsa, enam agama dan berbagai aliran kepercayaan, potensi merebaknya politik identitas di Indonesia sangat besar.

Namun, dia menegaskan, bangsa Indonesia memiliki Pancasila yang mempertemukan berbagai perbedaan  menjadi satu keharmonisan. Sejarah juga mencatat bahwa lahirnya Indonesia  tidak terlepas dari peran berbagai suku dan agama. Kelahiran dan perjuangan bangsa Indonesia juga menunjukkan betapa agama turut memberikan peran yang signifikan melalui kelompok masyarakat.

MPR mengajak berbagai negara dunia yang masih dirundung konflik sosial, khususnya yang mengatasnamakan agama, untuk mulai merajut dialog mencari titik persamaan, bukan justru mempertentangkan perbedaan.

"Dalam berbagai ajaran agama, selalu ditekankan bahwa perbedaan adalah keniscayaan. Dalam Islam, misalnya, Allah SWT dalam firman-Nya mengatakan bahwa manusia diciptakan berbangsa dan bersuku agar saling kenal mengenal, bukan untuk saling berperang," tutur Bamsoet.

Bangsa Indonesia memiliki Pancasila yang mempertemukan berbagai perbedaan menjadi satu keharmonisan. Sejarah juga mencatat bahwa lahirnya Indonesia tidak terlepas dari peran berbagai suku dan agama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News