Bamsoet Minta Pemerintah Fokus Menekan Lonjakan Kasus Covid-19 di 155 Kabupaten/Kota

Bamsoet Minta Pemerintah Fokus Menekan Lonjakan Kasus Covid-19 di 155 Kabupaten/Kota
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk fokus terhadap kenaikan kasus Covid-19 di 155 kabupaten/kota di Indonesia. 

"MPR RI meminta pemerintah untuk 'concern' terhadap kenaikan kasus Covid-19 di 155 kabupaten/kota,” kata dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (9/11).

Sosok yang akrab disapa Bamsoet itu juga meminta pemerintah segera melakukan upaya atau langkah yang dapat menekan kasus Covid-19, misalnya dengan tetap memberlakukan atau menaikkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

Mantan ketua DPR itu juga mengingatkan pemerintah daerah (pemda) harus terus berkomitmen melakukan intervensi pencegahan kenaikan kasus Covid-19 yang lebih tinggi di daerah-daerah. 

Menurutnya, hal itu dapat dilakukan dengan mengingatkan semua warga untuk tidak abai melaksanakan protokol kesehatan, sekaligus tetap memonitor perkembangan kasus di tiap-tiap daerah.

Dengan demikian, Bamsoet berujar, apabila terjadi kenaikan kasus Covid-19, pemerintah dapat bergerak cepat menekan kasus hingga memutus rantai penularan virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Lebih lanjut Bamsoet juga mengatakan pemerintah pusat dan pemangku kepentingan terkait harus tetap mengingatkan setiap pemda, kepala daerah, hingga tingkat RT/RW, dan masyarakat agar tetap mewaspadai, serta berhati-hati terhadap tren kenaikan kasus Covid-19 ini. 

"Meskipun pandemi Covid-19 di Indonesia dinilai tetap terkendali dan terus menunjukkan tren perbaikan, tetapi kita tetap harus berhati-hati," kata mantan ketua Komisi III DPR itu. (antara/jpnn) 

Bamsoet meminta pemerintah fokus menekan lonjakan kasus Covid-19 di 155 kabupaten/kota di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News