Bamsoet Minta Pemerintah Tegas Bantu Nelayan yang Ditangkap Malaysia

Bamsoet Minta Pemerintah Tegas Bantu Nelayan yang Ditangkap Malaysia
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan pemerintah harus memberikan bantuan kepada nelayan Indonesia di Kepulauan Riau yang ditangkap aparat Malaysia dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

"Saya mendorong pemerintah tegas dalam memberikan bantuan hukum terhadap nelayan yang ditangkap," kata Bambang dalam keterangannya, Selasa (25/8).

Politikus Partai Golkar itu juga berharap TNI Angkatan Laut melakukan patroli untuk mengawal teritorial laut Indonesia. "Sehingga nelayan dapat diingatkan untuk tidak melanggar batas perairan kita sesuai dengan batas teritorial laut yang diakui secara internasional," ujar mantan ketua DPR ini.

Dia berharap supaya kejadian serupa tidak kembali terulang dan dapat diselesaikan melalui komunikasi diplomasi antarpemerintah untuk menghindari tumpang tindih klaim atas wilayah maritim.

Dia mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Pertahanan (Kemenhan) bersama TNI AL memperkuat ketahanan di batas wilayah maritim Indonesia.

"Sehingga wilayah perbatasan Indonesia yang diakui secara internasional tidak mudah diklaim oleh negara lain," kata mantan ketua Komisi III DPR itu.

Lebih jauh dia mendorong pemerintah dalam memberikan izin melaut bagi nelayan untuk diingatkan batas laut teritorial, zona ekonomi ekslusif, dan laut bebas.

BACA JUGA: Nekat Melompat dari Truk Pengangkut Kayu, Janda Dua Anak Tewas Mengenaskan di Tepi Jalan

Bamsoet meminta pemerintah memberikan bantuan hukum kepada nelayan Indonesia di Kepri yang ditangkap aparat Malaysia. Perlu mengingatkan nelayan untuk tidak melanggar batas perairan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News