Bamsoet Minta Perry Warjiyo Bergerak Cepat Angkat Rupiah

Bamsoet Minta Perry Warjiyo Bergerak Cepat Angkat Rupiah
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengharapkan Perry Warjiyo yang baru saja dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) segera melakukan gerak cepat untuk mengangkat nilai tukar rupiah yang terpuruk terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Bambang mengaku optimistis bahwa Perry yang punya pengalaman panjang di bidang moneter bisa mengembalikan kurs rupiah.

Bamsoet menyatakan, kurs USD sudah di atas Rp 14.000. Karena itu Perry harus segera melakukan akselerasi untuk menjaga stabilitas kurs rupiah.

"Dolar terus meroket di angka Rp 14.000. BI di bawah kepimpinan Perry harus segera mengambil langkah kongkret dan terukur agar rupiah tidak kian terpuruk terhadap dolar,” ujar Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Kamis (24/5).

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, Perry bukanlah orang baru di BI. Peraih gelar gelar Ph.D bidang moneter dari  Iowa State University itu juga pernah melalui krisis keuangan 1997, 1998, 2005 dan berbagai tahun gejolak ekonomi dunia lainnya.

Karena itu pula Bamsoet mengaku optimistis pada kemampuan Perry sebagai pengganti Agus Martowardojo di kursi Gubernur BI. “Saya yakin Gubernur BI yang baru sudah sangat paham bagaimana mengatasi hal tersebut," tegasnya.

Bamsoet juga meminta BI menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah gejolak perekonomina global. Meski sudah ada tanda-tanda positif dengan meningkatnya volume perdagangan dunia dan harga komoditas, Bamsoet meyakini berbagai kemungkinan masih bisa terjadi.  

Legislator Golkar itu lantas mengutip prediksi Bank Dunia tentang pertumbuhan ekonomi global 2018 di 3,1 persen yang akan turun menjadi 3 persen pada tahun depan dan anjlok ke angka 2,9 persen pada 2020. Karena itu Bamsoet mengingatkan BI di bawah komando Perry harus bisa mengantisipasi pelemahan itu agar Indonesia tak terlalu kena dampaknya.

“Pemerintah sudah mematok pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi global. Untuk mensukseskannya, perlu berbagai langkah yang cermat," papar Bamsoet.

Bambang Soesatyo meyakini Gubernur BI Perry Warjiyo yang punya pengalaman panjang di bidang moneter bisa mengembalikan keterpurukan kurs rupiah terhadap USD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News