Bamsoet Soroti 4 Isu Penting ini Selama Pandemi Covid-19

Bamsoet Soroti 4 Isu Penting ini Selama Pandemi Covid-19
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo merespons empat hal yang berkaitan dengan penanganan pandemi covid-19 oleh pemerintah. 

Berikut empat hal yang direspons Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo:

1 Perlunya upaya keras pemerintah dalam mengatasi pandemi virus corona yang tidak mengenal batas negara dengan tanpa menimbulkan kepanikan di masyarakat.

A. Mendorong pemerintah dapat terus memastikan tersedianya dukungan teknis pelaksanaan penanganan Covid-19 serta untuk membentuk tim perumus panduan dan pelaksana teknis yang melibatkan asosiasi profesi, tenaga profesional yang bekerja di lapangan, pelaku usaha dan masyarakat sipil untuk memastikan upaya penanganan sampai di akar rumput.

B. Mendorong pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk terus melakukan perhitungan jumlah kasus Covid-19 yang tersebar di masyarakat, dengan perkiraan kasus bergejala klinis ringan, sedang dan berat untuk menjadi dasar pembuatan kebijakan, persiapan kebutuhan sumber daya dan fasilitas layanan kesehatan.

C. Mendorong pemerintah terus meningkatkan kapasitas layanan kesehatan, baik penambahan RS rujukan, RS rujukan khusus Covid-19 maupun RS non-rujukan dan RS Swasta untuk mengantisipasi melonjaknya penanganan seluruh pasien Covid-19 dengan klinis berat, mengingat diprediksi lonjakan penyebaran virus Covid-19 terjadi di bulan Mei hingga Juni 2020.

D. Mendorong pemerintah perlu memastikan berjalannya pembatasan sosial yang disertai upaya komunikasi publik untuk menggaungkan dan menegaskan kepada jajaran pemerintah daerah, pelaku usaha, pekerja dan masyarakat, bahwa situasi saat ini adalah situasi yang serius.

E. Mendorong pemerintah (Satgas Covid-19) untuk terus membangun jalur komunikasi yang baik serta memberikan arahan terkait upaya pengendalian dan penanganan Covid-19 yang jelas kepada gubernur, pemerintah daerah, masyarakat dan dunia internasional.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo merespons dan mengingatkan pemerintah tentang empat hal penting ini selama pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News