Bamsoet: Sudah Sepakat Menambah Satu Kursi Pimpinan DPR

Bamsoet: Sudah Sepakat Menambah Satu Kursi Pimpinan DPR
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Persoalan penambahan kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) masih bergulir di Badan Legislasi (Baleg) DPR.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan sudah sepakat menambah satu kursi pimpinan DPR untuk PDI Perjuangan. Sedangkan kursi pimpinan MPR masih dalam pembahasan apakah akan ditambah dua atau tidak.

“Saya tidak tahu, mekanismenya masih berlangsung di Baleg dan belum ke meja pimpinan,” kata Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo di gedung DPR, Jakarta, Jumat (19/1).

Menurut Bambang, yang penting sekarang adalah menjaga suasana politik di DPR lebih sejuk dan nyaman. Semua kekuatan politik di DPR terakomodasi.

Sebab, banyak agenda politik besar yang sudah di depan mata. Seperti Pilkada Serentak 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

“Tugas utama kami adalah menjaga suasana DPR kondusif,” tegas politikus Partai Golkar ini.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto tidak mempersoalkan jika terjadi penambahan jumlah kursi pimpinan parlemen menjadi genap.

Menurut dia, pimpinan tetap bersifat kolektif kolegial dalam pengambilan keputusan di paripurna.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan sudah sepakat menambah satu kursi pimpinan DPR untuk PDI Perjuangan. Sedangkan kursi pimpinan MPR masih dalam pembahasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News