Bamsoet: Tanah Subur Jangan Disia-siakan Jadi Lahan Tidur

Bamsoet: Tanah Subur Jangan Disia-siakan Jadi Lahan Tidur
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, KEBUMEN - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyerahkan bantuan 11.025 kilogram benih jagung untuk luas lahan tanam mencapai 735 hektare kepada 50 kelompok tani di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Benih tersebut diharapkan bisa meningkatkan produktivitas jagung di Kabupaten Kebumen sehingga membantu pencapaian target produksi jagung nasional tahun 2019 sebesar 29,3 juta ton.

Dengan prediksi tingkat konsumsi jagung nasional sebesar 23,25 juta ton, tahun 2019 ini diharapkan Indonesia bisa surplus 6,68 juta ton jagung.

"Semboyan Bhumitirta Praja Mukti yang melekat pada Kabupaten Kebumen punya pesan mendalam bahwa tanah dan air untuk kesejahteraan bangsa dan rakyat. Suburnya alam yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa tidak boleh kita siakan menjadi lahan tidur. Walaupun kondisi panas terik dan musim kemarau, petani bisa 'membangunkan' lahan tidur usai panen padi dengan menanam jagung," ujar Bamsoet saat acara Panen Padi Gogo dan Penyerahan Bantuan Benih Jagung Hibrida di Desa Waluyo, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (01/3).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini meyakinkan para petani bahwa mitos yang selama ini beredar bahwa lahan yang ditanami jagung akan tandus atau cengkar tidak sepenuhnya benar.

Selama bercocok tanamnya baik dan benar, menanam jagung tidak akan merusak lahan. Malah justru bisa mengoptimalkan lahan dan memberikan pemasukan tambahan kepada petani.

"DPR RI selalu meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian agar selain memberikan bantuan fisik berupa benih, pupuk dan irigasi, juga memberikan bantuan nonfisik berupa pembinaan ilmu kepada para petani. Kehadiran 31.500 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tersebar di berbagai desa, yang akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 74.000, diharapkan bisa membina petani menjadi lebih baik lagi. Terutama dalam memanfaatkan lahan tidur," urai Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, Sistem Informasi Monitoring Pertanaman Padi (Simotandi) dan citra Satelit Landsat-8 Kementeraian Pertanian di tahun 2018 menampilkan lahan tidur Kabupaten Kebumen mencapai 13.011 hektare yang tersebar di 26 kecamatan.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyerahkan bantuan 11.025 kilogram benih jagung untuk luas lahan tanam mencapai 735 hektare kepada 50 kelompok tani di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News