Bamsoet Tegaskan Vaksinasi Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19

Bamsoet Tegaskan Vaksinasi Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19
Ketua MPR Bambang Soesatyo memuji kecepatan vaksinasi Covid-19 di Bali. Foto: humas MPR RI

jpnn.com, KLUNGKUNG - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 terhadap warga Klungkung, Senin (9/8).

Satgas Covid-19 Provinsi Bali mencatat, per 8 Agustus 2021 dari sekitar 4,32 juta jiwa penduduk Bali, sebanyak 3.089.213 telah memperoleh vaksin dosis ke-1 dan 1.086.268 orang dosis ke-2.

"Secara nasional, Bali berada di peringkat kedua sebagai provinsi dengan persentase pemberian vaksinasi terbesar di Indonesia. Peringkat pertama ditempati DKI Jakarta," kata Bamsoet usai meninjau vaksinasi di UPTD Puskesmas Banjarangkan II Klungkung dan Dusun Mertasari Banjarangkan Klungkung Bali.

Dia menyebut strategi percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Bali dengan melibatkan berbagai unsur kalangan masyarakat serta TNI-Polri, perlu ditiru oleh daerah lainnya.

"Sehingga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia bisa berjalan cepat dan tepat," ujar Bamsoet dalam acara yang juga dihadiri Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana dan Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf. Suhendar Suryaningrat.

Mantan ketua DPR itu menjelaskan, percepatan vaksinasi sangat membantu pemulihan ekonomi Bali yang tergantung pada sektor pariwisata. Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat, pertumbuhan ekonomi daerah itu pada triwulan II 2021 mengalami tren positif, naik sebesar 2,83 persen dari angka di triwulan sebelumnya yang hanya -9,82 persen.

Dia bahkan mencontohkan bahwa Singapura sudah merencanakan hidup berdampingan dengan Covid-19 mulai 10 Agustus 2021 mendatang. Dengan begitu, warganya sudah bisa makan di restoran, kumpul-kumpul, menonton konser, dan melakukan ritual keagamaan di rumah ibadah.

"Hal ini bisa dilakukan karena Singapura sudah memvaksinasi lebih dari 63,4 persen warganya. Ini menunjukan bahwa kunci keluar dari pandemi adalah vaksinasi," jelas Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap Indonesia bisa segera keluar dari pandemi dan pariwisata Bali hidup kembali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News