Bamsoet Terpukau dengan Lukisan yang Bernafaskan Islam

Bamsoet Terpukau dengan Lukisan yang Bernafaskan Islam
Ketua DPR Bambang Soesatyo di Pameran Lukisan ‘Wajah Seni Lukis Islam Indonesia ke-5. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Pameran Lukisan ‘Wajah Seni Lukis Islam Indonesia ke-5’, hasil kerjasama DPR RI dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Baginya, keberadaan lukisan yang bernafaskan Islam, baik kaligrafi maupun nonkaligrafi, merupakan sesuatu yang sangat menarik.

Dalam pameran ini terlihat keterpaduan karya yang harmonis antara pencapaian artistik spiritual dengan corak kedaerahan yang beragam, sebagaimana Indonesia yang penuh kebhinekaan.

"Selayaknya karya-karya semacam inilah yang terpajang di dinding rumah kita. Insyaallah karya-karya ini akan mewarnai setiap denyut nafas dan langkah para pemiliknya. Mudah-mudahan karya lukis yang bernafaskan Islam ini dapat lebih memasyarakat di segala lapisan," ujar Bamsoet saat membuka pameran ‘Wajah Seni Lukis Islam Indonesia ke-5’, di Gedung Nusantara IV DPR RI, Jakarta, Senin (09/07).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Duta Besar Sudan untuk Indonesia H.E., Mr. Abdel Rahim Al Siddig Mohamed, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Wakil Rektor UI Dr. Hamid Chalid, serta tokoh nasional sekaligus sejarawan Taufik Abdullah dan para tamu undangan lainnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menjelaskan, terdapat 80 karya yang ditampilkan oleh 40 pelukis dari 23 daerah yang terlibat dalam pameran tersebut.

Seniman yang terlibat antara lain AD Pirous, Amri Yahya, Firdaus Alamhudi, Kamal Guci, Mahjuddin, Rustamadji, Wakidi, dan Yoes Rizal.

Menariknya, pameran ini bukan semata kegiatan kebudayaan, melainkan juga kegiatan sosial.

Dalam pameran ini terlihat keterpaduan karya yang harmonis antara pencapaian artistik spiritual dengan corak kedaerahan yang beragam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News