Bandara Babullah Ditutup Hari ini

Bandara Babullah Ditutup Hari ini
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Bandara Babullah di Kota Ternate, Maluku Utara Rabu (3/8) pagi ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan karena abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama.

Pos Pengamatam Gunungapi Gamalama PVMBG melaporkan, Gunung Gamalama meletus eskplosif lemah berupa abu vulkanik dengan tinggi 500-600 meter ke arah Tenggara hingga Selatan pada Rabu (3/8) pukul 06.28 WIT.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, penutupan bandara ini diperkirakan bakal berlangsung hingga besok.

"(Penutupan bandara Babullah-red) diprediksi hingga Kamis (4/8) besok pukul 10.00 WIT akibat tertutup oleh abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama," ujar Sutopo dalam keterangannya.

Letusan gunung ini diduga dipicu gempa pada pukul 06.14.12 WIT, di mana terekam gempa tektonik 4,6 SR. Menurut BMKG, pusat gempa dari 86 km Barat Daya Halmahera Barat, kedalaman 18Km, 4.6SR, diikuti dengan tremor menerus dengan amplituda maksimum 1.5 mm.

PVMBG akan terus melaporkan perkembangan erupsi gunung kepada BNPB dan BPBD. (chi/jpnn)


JAKARTA - Bandara Babullah di Kota Ternate, Maluku Utara Rabu (3/8) pagi ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan karena abu vulkanik erupsi Gunung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News