Bandara Ngurah Rai Mulai Melakukan Persiapan Jelang Pembukaan Penerbangan Internasional

Bandara Ngurah Rai Mulai Melakukan Persiapan Jelang Pembukaan Penerbangan Internasional
Suasana area Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (5/10/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

jpnn.com, BADUNG - Pemerintah berencana membuka penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melakukan persiapan menjelang pembukaan tersebut. 

"Sambil menunggu regulasi, kami tentu sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang memang harus disiapkan, lebih  kepada protokol kesehatan kepada para penumpang," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Taufan Yudhistira di Kabupaten Badung, Bali, Selasa (5/10). 

Taufan menjelaskan sejumlah persiapan yang dilakukan antara lain menyiapkan thermal scanner di area kedatangan penumpang, tempat pemeriksaan bagi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 28 unit komputer untuk mendukung proses dokumen dan pendataan para penumpang yang tiba dari luar negeri.

"Komputer ini rencananya akan digunakan penumpang untuk memastikan bahwa jumlah penumpang yang datang dan jumlah penumpang yang masuk ke dalam hotel tempat karantina itu jumlahnya sama," katanya.

Pihaknya juga telah menyiapkan 20 bilik untuk pemeriksaan tes usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR) bagi penumpang penerbangan internasional.

Selain itu, juga disiapkan 10 alat untuk memeriksa sampel swab PCR para penumpang yang dioperasikan petugas RS Bali Jimbaran.

"Setelah menjalani tes PCR, penumpang akan ditempatkan pada holding area yang mampu menampung sekitar 300 orang penumpang untuk menunggu hasil tes PCR sekitar satu jam," ungkapnya.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, melakukan sejumlah persiapan menjelang pembukaan penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News