Bandara Silangit Bakal Layani Penerbangan Internasional

Bandara Silangit Bakal Layani Penerbangan Internasional
Pesawat milik Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com, MEDAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Silangit akan beroperasi melayani penerbangan Internasional pada 28 Oktober 2017.

"28 Oktober menjadi awal Bandara Silangit melayani penerbangan Internasional dan kami akan tambah fungsi-fungsi layanan di luar bandara," ujar Budi saat meninjau Bandara Silangit, Sumatera Utara, Minggu (24/9) kemarin.

Terkait landasan, Budi meminta PT Angkasa Pura II untuk menambahkan overlay dan selesai sebelum 28 Oktober.

"Sekarang ini tercatat panjang landasan sudah 2.650 meter dengan PCN kira-kira 20-35, tetapi untuk membuat semua pesawat jenis B-737 bisa mendarat harus ditambah lagi overlay dan ada obstacle di ujung yang harus dipangkas. Saya sudah minta AP II untuk melaksanakan dan sebelum 28 (Oktober) sudah selesai," tutur Budi.

Dengan menambah overlay, maka traffic dari Jakarta akan lebih banyak. Tidak hanya pesawat jenis B-737 Series dan bombardir saja yang bisa mendarat, semua pesawat jenis B-737 juga bisa.

Terkait akses dari dan menuju Bandara Silangit, nantinya akan disediakan Bus Damri.

"Nanti akan disediakan Bus Damri, paling tidak dari sini sampai ke Parapat waktu tempuhnya sekitar dua jam," tandas Budi.(chi/jpnn)

 


28 Oktober 2017, Bandara Silangit ditargetkan melayani penerbangan internasional.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News