F1 H20

Oleh: Dahlan Iskan

F1 H20
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TOBA dapat hadiah istimewa yang tidak kalah dengan Mandalika: F1 Powerboat. Minggu depan. Tiga hari. Tanggal  24 sampai 26 Februari 2023.

Saya sudah sering nonton F1, tetapi belum pernah tahu F1 H20. Inilah jenis F1 tetapi di atas air: tahun ini di Indonesia. Di Danau Toba. Di Balige, Sumut.

Motor balapnya berupa speedboat. Dengan kekuatan besar.

Baca Juga:

Baru sekali ini Toba menjadi ajang acara wooww tingkat dunia. Sukses MotoGP Mandalika, Lombok, rupanya bisa diloncatkan jauh ke barat: ke Toba.

Toba memang ibarat icon dunia yang belum ada isinya. Kini isi-bergizi itu dimasukkan ke Toba. Nama besar Toba yang selama ini seperti belum ada ruh-nya kini ditiupkan roh itu.

Anda sudah tahu: Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia. Ada pulau Samosir di tengahnya.

Baca Juga:

Danau ini juga termasuk yang terdalam di dunia. Letak Toba yang di ketinggian 900 meter dari permukaan laut, menerjunkan air melimpah ke sungai Asahan.

Air terjun di Asahan inilah yang menghasilkan listrik dalam jumlah besar: 600 MW. Harga listriknya murah. Membuat Jepang mau mendirikan pabrik alumunium, Inalum, di Kuala Tanjung.

Baru sekali ini Toba menjadi ajang acara wooww tingkat dunia, F1 H20. Sukses MotoGP di Mandalika, Lombok, rupanya bisa diloncatkan jauh ke barat: ke Toba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News