Bandingkan Pendapat Fadli Zon dan Emrus soal Honorer K2

Bandingkan Pendapat Fadli Zon dan Emrus soal Honorer K2
Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon bicara soal penyelesaian honorer K2. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Revisi UU ASN (Undang-Undang Aparatur Sipil Negara) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR 2020 diharapkan mengakomodir mekanisme pengangkatan honorer K2 menjadi PNS.

Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan seharusnya pemerintah memberikan prioritas bagi honorer K2 menjadi PNS, tidak harus menunggu hasil revisi UU ASN.

Menurutnya, pemerintah bisa menggunakan diskresi, salah satunya memasukkan honorer K2 secara bertahap menggantikan PNS yang pensiun. “Kan itu setiap tahun ada PNS pensiun,” tegas Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (2/12).

Menurut Fadli, prioritas dan diskresi itu tentu harus dengan proses verifikasi data honorer K2 yang benar. Dia menegaskan, pengangkatan menjadi PNS harus diprioritaskan bagi honorer yang sudah berjuang, berbuat, mengabdi, berbakti di bidang masing-masing.

Baik itu honorer guru, inseminator, penyuluh, dan lain-lainnya. “Itu diangkat menjadi PNS. Kan PNS tiap tahun ada pensiun, makanya ketika pensiun itu masukkan dulu ini berapa persen honorer secara bertahap sehingga selesai persoalan honorer itu,” ungkap Fadli.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu berujar kalau pemerintah mau menyelesaikan masalah honorer maka sejak lima tahun lalu juga sudah bisa. Hanya saja, dia melihat pemerintah kurang berkomitmen menyelesaikan persoalan honorer.

“Padahal mereka sudah berbuat untuk masyarakat. Semakin lama (honorer) semakin dirugikan, apalagi dengan peraturan mau masuk PNS itu di bawah 35 tahun, dan ada yang sebentar lagi pensiun setelah mengabdi puluhan tahun,” katanya.

Direktur Eksekutif EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan seharusnya pemerintah tidak beralasan terkendala anggaran untuk menyelesaikan persoalan honorer K2 menjadi PNS. Emrus menegaskan sudah seharusnya para honorer diangkat menjadi CPNS.

Fadli Zon dan Emrus Sihombing menyampaikan pendapat masing-masing soal penyelesaian masalah honorer K2.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News