Bang Emrus Melakukan Survei, Lantas Menyampaikan Saran untuk Pemerintah

Bang Emrus Melakukan Survei, Lantas Menyampaikan Saran untuk Pemerintah
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi Emrus Sihombing menyarankan pemerintah melakukan survei terhadap perilaku masyarakat terkait pelaksanaan protokol kesehatan karena kasus Covid-19 terus bertambah. 

"Melihat kasus Covid-19 masih terus bertambah, saya menyarankan agar dilakukan survei terhadap perilaku masyarakat terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan," kata Emrus, Sabtu (6/2). 

Dosen di Universitas Pelita Harapan itu pada Jumat (5/2) melakukan pengamatan di sebuah daerah. 

Berdasar penelusuran Emrus dari gang ke gang di sebuah kota di Indonesia kemarin itu, tidak sedikit ditemukan perilaku anggota masyarakat yang menarik untuk dikaji terkait ketaatan menggunakan protokol kesehatan. 

Namun, Emrus berpendapat,  teknik pengumpulan data harus melalui observasi. 

Misalnya, menggunakan kamera video untuk merekam, langsung di lapangan agar bisa menjaring peristiwa natural, tidak dengan menyebarkan kuisioner. 

"Secara simultan juga dilakukan wawancara mendalam, mencari tahu mengapa demikian perilaku anggota masyarakat tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan hasil survei dan wawancara mendalam tersebut nantinya  dibuat menjadi dasar menyusun strategi komunikasi yang efektif menumbuhkan kesadaran, sikap dan perilaku taat protokol kesehatan.  

Bang Emrus melakukan surveu dari gang ke gang soal survei perilaku masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News