Saran dari Bang Emrus untuk Mengatasi Kemelut Partai Demokrat 

Saran dari Bang Emrus untuk Mengatasi Kemelut Partai Demokrat 
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menyarankan Partai Demokrat (PD) segera melakukan kondolidasi internal. 

Menurutnya, konsolidasi internal diperlukan untuk memperkuat soliditas dan kepemimpinan partai agar mampu mengelola pengaruh dan kepentingan dari berbagai kekuatan politik. 

"Baik yang datang dari kader maupun dari luar kader," tegas Emrus, Jumat (5/2) malam. 

Karena itu, ujar Emrus, perlu kompromi politik oleh semua faksi yang ada di internal Partai Demokrat, yang dilakukan dalam bentuk kesetaraan dan demokratis. 

Sebab, ia menegaskan, politik itu merupakan seni berkompromi antarkekuatan politik. 

"Tidak boleh terjadi ego faksi (merasa faksinya lebih utama dari faksi lain yang ada) dan faksi ego (membangun superpower dalam satu faksi tertentu) karena historical," katanya. 

Direktur eksekutif EmrusCorner itu mengatakan kalau konsolidasi internal tidak dilakukan dengan sesegera mungkin, bisa terjadi arus input politik dari dalam dan luar partai makin deras yang membutuhkan energi yang tak sedikit dalam mengelolaanya menjadi output politik ke depan. 

"Dan makin sulit membangun soliditas di internal partai dalam kurun waktu tertentu," ujarnya. 

Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menyarankan Partai Demokrat (PD) segera melakukan kondolidasi internal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News